Translate

Rabu, 31 Agustus 2011

KHASIAT DAUN GELINGGANG



Tumbuhan gelinggang (cassia quaderialata) atau ada juga yang menyebut ketepeng adalah sejenis tumbuhan perdu besar dengan tinggi dapat mencapai 5m, bentuk daun lonjong dan memiliki bunga berwarna kuning dan memliki batang yang berduri.
Tumbuhan ada di seluruh wilayah indonesia seperti kalimantan, jawa dan sumatra.Tumbuhan ini sering tumbuh di tanah yang lembab.

Belum ada penelitian secara khusus dari pakar kesehatan yang menyatakan daun gelinggang ini dapat di gunakan sebagai obat luar dan zat-zat apa saja yang terkandung di dalamnya, sehingga dapat mengobati penyakit gatal-gatal khususnya seperti panu, kurap dan kutu air atau penyakit luar yang di sebabkan oleh jamur, tetapi ada juga yang menggunakannya untuk obat penyakit dalam. Kenyataan di masyarakat menunjukan  daun gelinggang sering di cari untuk di jadikan obat tradisional, terutama oleh orang china. Karena pada umumnya orang China banyak tahu tentang rahasia tumbuh-tumbuhan.
Di bawah ini kami akan menunjukan kepada pembaca bagaiamana cara menggunakan daun gelinggang ini untuk di jadikan sebagai obat.

caranya cukup mudah yaitu sbb:

1.UNTUK PENYAKIT KURAP DAN KUTU AIR

- Sediakan daun gelinggang segar 5-10 lembar
- Satu sendok teh minyak tanah

Cara membuat:
Campur daun gelinggang dan minyak tanah kemudian tumbuk sampai halus.

Cara pemakaian cukup di oleskan di daerah yang sakit minimal 2 kali sehari,lakukan terus menerus selama beberapa hari hingga sembuh. 

2.UNTUK PENYAKIT PANU(tinea versicolor)

- Daun gelinggang
- Satu sendok teh garam

Cara membuat dan pemakaian sama dengan di atas.

Catatan: usahakan setiap mengobati gunakan ramuan yang baru.

3. UNTUK PENYAKIT KOLESTEROL, & HIPERTENSI
 
- Daun gelinggang tidak boleh lebih dari 8 lembar
- Air 3 gelas

Cara membuat :
Rebus daun gelinggang bersama air sebanyak 3 gelas hingga menjadi 1 gelas diminum sebanyak 1atau 2 x seminggu  ( pada pemakaian bila ada perubahan saat BAB teruskan untuk mengkonsumsi karena itu adalah efek dari ramuan tersebut ).


Nah bagi pembaca semua selamat mencoba!